Upacara Peringatan HSN 2023, H Lusapta : Dirayakan Semangat dan Penuh Kebahagiaan

101

Pagar Alam, NS – Pj Walikota Pagar Alam H Lusapta Yudha Kurnia bertindak sebagai inspektur upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023, bertempat di Lapangan Ponpes Darul Kutub El Gontori Kota Pagar Alam, Minggu, (22/10/2023).

Upacara yang diikuti kurang lebih 400 peserta, upacara berlangsung lancar dan khidmat, yang dimulai pukul 7.30 Wib sampai selesai.

H Lusapta Yudha Kurnia dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan hari santri adalah milik kita semua, “selamat Hari Santri Nasional yang dirayakan dengan semangat dan penuh kebanggaan.

“Hari ini, kita berkumpul untuk merayakan dan menghormati peran penting santri dalam pembangunan Negeri ini.

Dengan tema yang diusung pada tahun ini yaitu, “Jihad Santri Jayakan Negeri, “mencerminkan semangat, dedikasi, dan kontribusi besar santri dalam membawa kemajuan dan kebaikan bagi Negara kita.

Lanjut Yudha, menyerukan kepada seluruh santri dan ulama pondok pesantren dari berbagai daerah, membulatkan tekad dalam melakukan jihad membela tanah air.

Santri adalah sosok yang luar biasa. Mereka berkomitmen untuk belajar ilmu agama, moralitas, dan juga ilmu pengetahuan umum.

Mereka adalah pilar penting dalam mempertahankan nilai-nilai moral dan keagamaan dalam masyarakat.

Santri adalah agen perubahan yang menjalani jihad (perjuangan) untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan masyarakat.

Jihad santri bukanlah jihad dalam arti konflik bersenjata, tetapi jihad dalam arti berjuang untuk memajukan bangsa ini melalui pendidikan dan pengabdian kepada agama dan masyarakat.

“Inilah bentuk jihad yang paling mulia, yang telah menginspirasi generasi-generasi sejak lama.

Santri adalah garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai luhur, toleransi, dan persatuan.

Dalam mempraktikkan nilai-nilai agama dengan integritas dan kesungguhan, serta bisa menjadi contoh bagi kita semua.

Mereka adalah pemimpin masa depan yang akan membawa negara ini ke arah yang lebih baik.

Melalui peran jihad santri, kita dapat mencapai berbagai tujuan mulia, termasuk:

1. Membangun Sumber Daya Manusia Unggul: Santri mempersiapkan diri untuk menjadi generasi yang unggul dalam pengetahuan, moralitas, dan kepemimpinan.

2. Mempromosikan Toleransidan Keharmonisan: Santri memahami nilai-nilai toleransi dan kerukunan antar umat beragama, yang menjadi pondasi masyarakat yang beragama beragam.

3. Mendukung Pembangunan Ekonomi: Santri juga berperan dalam pembangunan ekonomi dengan menjadi pengusaha, ilmuwan, dan pemimpin yang membawa inovasi dan kemajuan.

4. Memerangi Ketidak adilan dan Kemiskinan: Jihad santri melibatkan usahauntuk memerangi ketidakadilan sosial, melalui berbagai program sosial dan kemanusiaan yang mereka terapkan.

Hari Santri Nasional adalah saat yang tepat untuk menghargai dan merayakan kontribusi santri dalam memajukan bangsa ini.

Mari kita berkomitmen untuk mendukung dan mendorong mereka dalam perjuangan mereka.

Mari kita bergandengan tangan dengan santri untuk membangun negeri yang lebih maju, adil, dan sejahtera.

Terakhir dalam pidatonya, mari kita bersama-sama berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan pada perjuangan santri, serta memberikan mereka kekuatan dan kebijaksanaan untuk terus menerus menjadi garda terdepan dalam memajukan negeri ini, “ucapnya.

Terpisah Selaku Ketua Forum Ponpes se-Kota Pagar Alam dan juga ketua Yayasan El Gontori Kota Pagar Alam, Ustadz Muhaemin Ahmad Zaini mengucapkan rasa Terima kasihnya atas kontribusi dan support dari berbagai pihak yang begitu peduli terhadap para santri, generasi penerus kita, para pejuang Agama Allah. “Alhamdulillah semoga Ada keberkahan yang Allah berikan Dalam kegiatan ini.” Ucap Ustadz Muhaemin Ahmad Zaini.

Turut hadir Ketua DPRD Kota Pagar Alam Jenny Shandiyah, Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Irawan, Anggota DPRD Abdul Fikrianto, Assiten Samsul Bahri Burlian, Staf Ahli, Pejabat Pemkot Pagar Alam, Kakankemenag Kota Pagar Alam H.Rusidi MM beserta pejabat di lingkungan Kankemenag Kota Pagar Alam,TNI, Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya. (Reno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here