Upacara Penurunan Bendera Merah Putih HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia 

92

Pagar Alam, NS  – Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), di Lapangan Alun-alun Utara, Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagar Alam Utara, Kamis (17 Agustus 2023).

Bendera merah putih atau yang kerap disebut dengan Sang Saka merah putih merupakan simbol dan identitas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Upacara penurunan Bendera Pusaka di mulai pukul 16. 20 Wib, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Irawan S.Ik., juga sekaligus bertindak sebagai Inspektur upacara dalam penurunan bendera sang merah putih dan yang bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Infanteri Sudarno.

Sebelum penurunan Bendera Pusaka dilaksanakan, nampak berbagai menampilkan pertunjukkan drumband dan atraksi yang memukau kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan oleh siswa-siswi Kota Pagar Alam.

Dengan diiringi lagu Indonesia Raya, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) berhasil sempurna menurunkan Bendera Pusaka Sang Merah Putih dihadapan para peserta upacara.

Usai diturunkan, Bendera langsung diserahkan kembali kepada Erwin Irawan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Penurunan Bendera.

Suasana upacara penurunan bendera merah putih berlangsung hikmat dan penuh rasa nasionalisme dari Paskibra dan semua peserta upacara.

Seluruh peserta upacara penurunan Sang Merah Putih merasa bangga melihat para Paskibraka yang telah menjalankan tugas, menurunkan bendera dengan sukses.

Diketahui, anggota Paskibraka yang bertugas dalam upacara penurunan Bendera tersebut merupakan Putra-Putri terbaik se–Kota Pagar Alam yang terjaring melalui tahap seleksi yang ketat.

Dengan demikian, Upacara Bendera Peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, dari pengibaran hingga penurunan Bendera Merah Putih berjalan dengan sukses, aman dan lancar.

Upacara penurunan bendera merah putih di hari HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dihadiri TNI, Polri, Pol PP, ASN, serta siswa-siswi dari beberapa sekolah. (Reno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here