Selamatkan Aset Negara, PT KAI Divre III Jalin Kerjasama Dengan BPN Sumsel

74

Palembang, NS – PT Kereta Api Indonesia Divre III Palembang (PT KAI Divre III) menjalin kerjasama dengan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mensinergikan sesuai fungsi dan kewenangan nya dan juga sebagai landasan dalam rangka Pelaksanaan Pendaftaran Tanah dan Penanganan Permasalahan Tanah Aset PT Kereta Api Indonesia (Persero) di wilayah Divisi Regional III Palembang.

Kerjasama ini dilakukan dengan penandatanganan kerjasama yang dilakukan oleh Deputy Executive Vice President Divisi Regional III Palembang PT Kereta Api Indonesia (Persero), Mohammad Ramdany dan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Selatan, Yuniar Hikmat Ginanjar, S.H., M.H Senin (30/10/2023) di atas Kereta Inspeksi Sriwijaya.

Maksud Perjanjian Kerja Sama ini adalah sebagai landasan dalam rangka Pelaksanaan Pendaftaran Tanah dan Penanganan Permasalahan Tanah Aset PT Kereta Api Indonesia (Persero) di wilayah Divisi Regional III Palembang.

Sedangkan ruang lingkup Perjanjian Kerja sama ini adalah pendaftaran tanah yang meliputi:
pendaftaran tanah pertama kali; dan
pemeliharaan data pendaftaran tanah.
koordinasi dalam rangka penanganan permasalahan aset tanah PTKAI yang melibatkan pihak lain dan/atau dengan BPN;
pertukaran data dan/atau informasi terkait aset tanah PTKAI ; dan
peningkatan kompetensi sumber daya manusia dari PTKAI dan BPN.

Manager Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, bahwa dukungan dari jajaran Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatera Selatan ini diperlukan untuk melakukan penanganan permasalahan aset di wilayah Sumsel.

Selain menjalin kerjasama dengan Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumsel, sebagai upaya menyelamatkan aset negara, PTKAI Divre III Palembang juga menerima 55 buku Sertifikat dari Kantor BPN Kabupaten Muaraenim seluas 1.421.074 m2 yang merupakan program sertifikasi tahun 2023, dilingkungan PT KAI Divre 3 Pelembang.

Dalam kegiatan ini, PTKAI Divre III Palembang juga memberikan penghargaan kepada 3 Kepala BPN di wilayah Sumatera Selatan yaitu, Kepala BPN Kabupaten Muara Enim, Handry Uswander, H.P., S ST., SH.M.H., atas keberhasilan pensertipikatan dan penyelamatan aset tanah PTKAI pada tahun 2023 di wilayah Muara Enim.

Kepala BPN kota Palembang, Dr. Yuliandi. S.SiT., M.H., atas keberhasilan penyelamatan aset tanah PTKAI pada tahun 2023 di wilayah BPN kota Palembang

Kepala BPN kabupaten Ogan Ilir, Abdullah Adrizal, S.T.,M.M., atas keberhasilan penyelamatan aset tanah PTKAI pada tahun 2023 di wilayah BPN kabupaten Ogan Ilir.

Turut hadir dalam kegiatan ini BPN kota kabupaten yang berada di wilayah operasional Divre III Palembang, yaitu BPN kota Palembang, BPN Kabupaten Ogan Ilir, BPN Kota Prabumulih, BPN kabupaten Muara Enim, BPN Kabupaten Lahat, BPN Kabupaten Empat Lawang dan BPN kota Lubuklinggau

“PT KAI Divre III Palembang akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam penyelamatan aset negara dan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengembangkan proses bisnis perkeretaapian,” harap Aida.

Hadir dalam kegiatan ini BPN kota kabupaten yang berada di wilayah operasional Divre III Palembang, yaitu BPN kota Palembang, BPN Kabupaten Ogan Ilir, BPN Kota Prabumulih, BPN kabupaten Muara Enim, BPN Kabupaten Lahat, BPN Kabupaten Empat Lawang dan BPN kota Lubuklinggau. (rls/naa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here