Bukti Pertanggungjawaban Belanja Hibah Bawaslu Muratara Belum Diserahkan

244
Foto Ilustrasi

MURATARA, NS – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Tahun anggaran 2020 telah memberikan dana hibah kepada Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Muratara sebesar Rp 9 Milyar.
Hal itu diketahui dari dari Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) Provinsi Sumatera Selatan, Nomor: 33.A/LHP/XVIII.PLG/05/2021, Tanggal: 08 Mei 2021.

Pemberian dana hibah tersebut dituangkan kedalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Nomor 002/NPHD/BPKAD/MRU/2020 tentang Pelaksanaan Dana Hibah Penyelenggaraan Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara Tahun 2020.

Berdasarkan NPHD disebutkan bahwa dana hibah yang diterima oleh Bawaslu Kabupaten Muratara digunakan untuk membiayai pelaksanaan pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara Tahun 2020.

Didalam LHP juga diketahui, miliaran rupiah dana hibah di tahun 2020 tersebut tidak ada bukti pertanggungjawaban. Sementara hingga saat ini, Bawaslu Muratara tidak dapat menunjukkan atau memberikan bukti pertanggungjawaban dari penggunaan dana tersebut.

Munawir, Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara saat di konfirmasi awak media via pesan WA mebenarkan tahun anggaran 2020 Bawaslu Muratara mendapat dana Hibah sebesar 9 Miliar dari Pemkab Muratara.

“Kegunaannya untuk seluruh tahapan pilkada, semua ada disitu termasuk honor pengawas dari Kabupaten, Kecamatan, Desa dan pengawas TPS, kegiatan dan lain-lain, rapid tes setiap tahapan, APD dan seluruhnyo kegunaan Pilkada”, jelasnyanya via pesan WA, Senin 5/7/2021. Untuk lebih detailnya, dirinya menganjurkan bertanya langsung dengan Sekretaris pengguna anggaran.

“Kalu kito komisioner hanya bertugas melaksanakan seluruh teknis pengawasan pilkada, kalau mengenai keuangan dan laporan itu wewenang pengguna anggaran”, terang Munawir.

Menurutnya, sekarang pihak Bawaslu lagi diaudit oleh Bawaslu RI”, terangnya.

Sementara itu, Aceng, Koordinator Sekretariat (Karsek) Bawaslu Muratara saat dikonfirmasi via pesan WA tidak ada balasan. Informasi didapat, Aceng sekarang sudah pindah tugas diwilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI). (Rudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here