3.907 Sertifikat Gratis untuk Masyarakat se-Kabupaten Muratara

116

MUSIRAWAS UTARA, NS – Dalam menselaraskan janji politik, H Devi Suhartoni dan H Inayatullah, bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) membagikan 3.907 sertifikat gratis untuk masyarakat se-kabupaten Muratara, Jumat (11/08/2023).

Dalam hal ini juga tertuang dalam Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Muratara yang Diimplemetasikan dalam program kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten Muratara. Sangat mendukung penuh program Pemerintah Nasional terkait Reformasi agraria.

Dalam sambutannya, Bupati Devi Suhartoni mengatakan, Pemkab Muratara sangat mendukung penuh program yang dicanangkan Presiden RI melalui Menteri ATR, diantaranya percepatan pendaftaran tanah melalui pendaftaran tanah sistem lengkap atau sekarang yang dikenal dengan PTSL. Kemudian program redistribusi tanah serta penyelesaian sengketa dan konflik pertahanan.

“Dengan reforma Agraria ini, dan juga merupakan pemenuhan janji politik saya bersama Adinda Ustadz Inayatullah saat kami Pilkada. Maka kami akan urus semua sertifikat dan tanah,”tegas Bupati H Devi Suhartoni.

“Berkat bekerja sama dengan BPN dengan pemerintah pusat maupun Gubernur Sumatera Selatan, Alhamdulillah hari ini kita buktikan,” sambungnya.

Masih kata Bupati, akan membagikan untuk masyarakat suku anak dalam (SAD) sebanyak 516 orang, dengan luas 263 Hektar, dan untuk masyarakat jadi Mulia sebanyak 248 orang dengan luas 24,8 Hektar.

Redistribusi tanah sebanyak 1701 sertifikat PTSL 1381 yang akan dibagikan kepada masyarakat hari ini sebanyak 3.907 sertifikat.

“Pada tahun 2023 ini masih ada 9.167 bidang yang akan di sertifikatkan. Jadi Bapak, Ibu yang sekarang sudah dapat mungkin di desa-desa yang belum dapat. Camat, Lurah, dan Kepala Desa, silahkan kerjasama dan kita turun agar 9.000 ini selesai di tahun 2023,”ungkapnya.

Dijelaskannya, ini juga sebagai komitmen Pemkab Muratara untuk mendukung program Presiden. Pemkab Muratara melalui peraturan Bupati telah menggratiskan BPHTB untuk program PTSL dan juga redistribusi untuk hak milik perorangan untuk terkhusus masyarakat suku anak dalam di Desa Tebing Tinggi.

Sertifikat hak kepemilikan bersama ini sudah dinantikan sejak ketika lama oleh masyarakat di mana SAD dari tahun 1995 di Desa Tebing Tinggi kemudahan dengan PT London Sumatera.

“Dengan kita duduk bersama-sama dengan BPN dan unsur terkait hari ini satu langkah nyata ketulusan pemerintah dan juga London Sumatera dalam penyelesaian sengketa dan komplik agraria agar dapat terselesaikan dan alhamdulillah setelah selesai,”tegasnya.

Bupati H Devi Suhartoni juga mengajak dan mengingatkan kembali ke masyarakat SAD bahwa sertifikat ini sebaiknya untuk tidak diperjualbelikan.

Karena dengan adanya sertifikat mendapat nilai-nilai ekonomi dan bisa menyekolahkan anaknya setinggi-tingginya.

Kedepan seluruh tanah di Muratara ini dapat bersertifikat dan kita nantinya dapat saling bekerja sama. Bersama unsur Forkopimda dapat menyelesaikan sengketa pertahanan di Kabupaten Muratara.

Tak lupa, Bupati mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada teman-teman Kantor BPN Kabupaten Muratara, yang telah bekerja keras dalam mensukseskan program reforma agraria di Kabupaten Muratara yang secara langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Sebagaimana arah kebijakan dari reforma agraria sendiri, yaitu keadilan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia, “ungkapnya.

Devi Suhartoni juga mengajak Para perangkat daerah, Camat, Kades, serta masyarakat Kabupaten Musi Rawas Utara untuk bersama-sama didukung dalam rangka mewujudkan percepatan program reforma agraria ini agar dapat terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan bangsa kita tercinta Ini 78 hari yang baik di dalam bulan yang baik yaitu kemerdekaan kita kita takut takut Bersyukur kepada Allah bahwa hari ini 3.900 yang diserahkan oleh pemerintah di seluruh Indonesia,” tutupnya.

Pembagian sertifikat gratis tersebut, didampingi Sekda dan unsur Kepala OPD bersama BPN Muratara membagikan 3.907 sertifikat gratis untuk masyarakat se-kabupaten Muratara. (Ril/Na)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here