Seluruh Desa STL Ulu Terawas Ikuti Pelatihan Jurnalistik Desa 

134

MUSI RAWAS, NS – Bertempat di Balai Desa Padu Raksa Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas (Mura) seluruh desa mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik Desa. Yang dilaksanakan secara klaster desa se-Kecamatan STL Ulu Terawas, Rabu (5/10).

Pemateri kegiatan Pelatihan Jurnalistik Desa disampaikan Sekretaris Diskominfo Mura, Mohd Salman Alfaresi terkait ‘Peran Jurnalisme Warga dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa’. Kemudian materi kedua Ketua PD IWO Mura-Lubuklinggau, Rudi Rediansyah terkait ‘Cara Kerja Jurnalis dan Etika Jurnalistik’.
Peserta kegiatan yang di ikuti seluruh desa di Kecamatan STL Ulu Terawas yakni, Desa Padu Raksa, Pasenan, Babat, Kasgoro, Sukamana, Sukaraya, Sukaraya Baru, Sumber Karya, Sukorejo, Sukakarya, Sri Mulyo dan Sukamerindu.
Camat STL Ulu Terawas, Ruring Elfhonso Ompu JG diwakili Kasi PMD, Romaidi mengatakan, pelaksanaan kegiatan pelatihan jurnalistik desa berdasarkan hasil musyawarah bersama, yang telah disepakati seluruh desa di Kecamatan STL Ulu Terawas.
Masih kata Romaidi, kepada peserta pelatihan jurnalistik untuk bersama-sama mendengar, belajar dan menimba ilmu apa yang narasumber paparkan terkait apa arti dari jurnalis.
Jadi, informasi yang peserta peroleh dari narasumber diambil, kemudian dipelajari. Untuk bekerja dan kerjasama dalam membangun desa.
Untuk itu, ia juga menghimbau kepada seluruh desa di Kecamatan STL Ulu Terawas jika masih ada yang alergi dengan wartawan. Agar lebih terbuka, apalagi kalau ada wartawan yang berkunjung ke desa mohon ditanggapi dan dilayami, jangan main kucing-kucingan.
“Wartawan itu mitra kita. Jangan alergi dengan wartawan, kalau bisa kita berkerjasama, “tegas Kasi PDM Kecamatab STL Ulu Terawas sekaligus membuka acara kegiatan pelatihan jurnalistik.
Senada, Ketua Forum Desa Kecamatan STL Ulu Terawas, Syamsul Agais, menjelaskan tujuan daripada kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan jurnalistik pada masyarakarat dalam mengikuti program satu desa, satu jurnalis.
Media massa melalui kegiatan pelatihan jurnalistik ini memiliki banyak peran sebagai kontrol terhadap pemerintah maupun swasta.
Untuk itu, karena kegiatan ini atas dasar kesepakatan bersama, jadi diharapkan kepada seluruh peserta pelatihan jurnalistik diikuti dengan baik, dan terus belajar menjadi lebih baik lagi. (Nana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here