Musim Kemarau, Tiga Kali Terjadi Kebakaran Lahan di Kota Lubuklinggau

95

Lubuklinggau, NS – Setidaknya sudah tiga kali terjadi kebakaran lahan di musim kemarau di Kota Lubuklinggau. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Bencana Kota Lubuklinggau, H Lutfi Ishak, melalui Kabid Penanggulangan Bencana, Suryo Amrinata Kesuma, Senin (21/8/2023).

Dikatakan Suryo, bulan Agustus ini ada tiga kebakaran lahan berlokasi di Sumber Agung, Petanang dan Taba Lestari. Tiga titik kebakaran tersebut masing-masing menghanguskan sekitar setengah hektar.

Masih kata Suryo, penyebab dari api yang tidak diduga, kemungkinan dari puntung rokok. Ataupun dari pembakaran yang sengaja. Lahan yang terbakar merupakan lahan kosong dan semak belukar.

Untuk itu, di musim kemarau potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan sangat besar. Ia menghimbau kepada masyarakat untuk dapat memantau lingkungan masing-masing, jangan sampai membuang puntung rokok sembarangan.

Masyarakat juga dihimbau untuk membersihkan semak belukar di lingkungan rumah. Sebab dengan begitu menurutnya, apabila ada rembetan api maka tidak menyambar pemukiman. (naa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here