Petani Organik Panen Raya

205
https://www.nusantarasumsel.com/wp-content/uploads/2019/04/Web-Sekwan-HUT-Mura.jpg

MUSIRAWAS | NUSANTARASUMSEL.COM – Petani organik  Binaan PT Medco E&P Indonesia di Desa SP 8 Trijaya, Kecamatan BTS Ulu, Kabupaten Musi Rawas melaksanakan panen raya padi organik, Kamis(21/03).Panen raya tersebut dihadiri Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti.

Lahan padi organik yang dipanen di lokasi ini seluas 2,3 ha dengan jenis padi ciliwung, sentanur, merah dan hitam.Hasil panen raya pertanian organik dinilai lebih produktif dibandingkan sistem non organik. Selisihnya bisa mencapai 3 ton hingga 4 ton  per hektare.

Sriyadi, Pemilik Lahan sawah mengatakan sebelum menggunakan Budidaya Padi Organik System Rice Intensification (SRI) Organik, lahan padinya hanya menghasilkan 3,5 ton per hektare dan setelah menggunakan SRI Organik,lahan padinya bisa menghasilkan 7 hingga 8 ton perhektarenya serta menghasilkan kualitas beras yang bagus.

“Sebelumnya lahan perhektarnye hanya mengahasilkan 3 sampai 4 ton ,setelah menggunakan SRI,hasil padinya bisa mencapai 7 hingga 8 ton perhektare nya serta tidak mengeluarkan biaya terlalu banyak”,katanya

Wakil Bupati Musi Rawas, Hj Suwarti didampingi Kades SP 8 Trijaya Ruslan,menyatakan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas akan memberikan suport kepada petani organik. Padi organik ini banyak manfaatnya seperti kadar gula rendah,bisa menurunkan kolestrol ,karena tidak menggunakan pupuk yang tidak mengandung bahan kimia.

“Kalau bisa petani organik memperluas hinga se Kabupaten Musi Rawas menggunakan SRI Organik”,harapnya.

Comdep Officer Medco E&P Indonesia,Robby Wijaya menambahkan, Kedepannya pendampingan Medco E&P Indonesia akan tetap dijalankan karena akan membuat sawah lebih luas lagi.Pihaknya akan mendapingi hingga proses penjualan.

“Masyarakat Desa SP 8 Trijaya ini dibantu pendampingan,diajari cara mengelolah lahan,dicari tahu apa permaslahan dan dibantu mesin pencacah kompos,mesiin penggembor tanah sehingga bisa panen lebih berhasil dari tahun tahun sebelumnya”,tambahnya

Robby menjelaskan Padi Hasil SRI Organik berkualitas dan legal dan kedepannya hasilnya bisa mencapai 12 ton perhektare.

“Padi organik di SP8 berkualitas dan legal dan kedepannya petani organik dapat lebi maju”, jelasnya.(Rudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here