Gubernur Sumsel Resmikan RSUD di Kabupaten Mura, H2D : Harapkan RSUD Dapat Menyertai Pelayanan Internasional

131

MUSI RAWAS, NS – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru (H2D) meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pangeran Moehamad Amin Kabupaten Musi Rawas (Mura). Berharap sesuai dengan kebutuhan pelayanan di standar RS tingkat nasional. Dengan pelayanan menyertai pelayanan internasonal, Rabu (3/5/2023).

Dikatakan H2D, Kabupaten ini (Mura, red) sangat spesial, yakni memiliki dua RS besar, satu berada di kota Lubuklinggau yang merupakan ibukota dari Kabupaten Mura saat itu. Dan RS kedua ada di Ibukota Kabupaten Mura itu sendiri, yaitu di Muara Beliti.

Maka dari itu nantinya semua infrastruktur yang dimiliki, dalam wujud pelayanan yang ada di dalam ibukota Musi Rawas harus diserahkan ke Kota Lubuklinggau.

Masih kata H2D, RSUD ini merupakan kebanggan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat Kabupaten Mura. Dimana RSUD ini direncanakan dan dibangun sesuai dengan kebutuhan pelayanan di standar RS tingkat nasional.
“Jadi standarnya adalah nasional, tapi harapan saya pelayanannya dapat menyetarai pelayanan internasional, “ucap H2D di sela-sela acara peresmian RSUD Pangeran M Amin.
Karena, seperti yang diketahui, ada dua hal pokok di dalam pelayanan kesehatan,  yaitu pelayanan kuratif, hanya berbicara tentang pengobatan. Tapi ada pelayanan kesehatan yang dapat dilaksanakan setiap individu, yakni prevenstif mencegah diri dari penyakit, di mulai dari pola hidup sehat, sanitasi yang benar, pola makan, dan gizi yang berimbang.
Dijelaskan H2D, atas permintaan Bupati Mura dan Kabupaten Mura yang beribukota baru yakni Muara Beliti, secara khusus diberikan bantuan Gubernur dengan dibangun rumah sakit sebagai ikon pelayanan kesehatan.
“Dua RSUD besar sudah kita bangun di Sumsel ini, yakni di Kabupaten Oku dan Kabupaten Mura, “tambah Gubernur Sumsel.
Maka esensinya dibangun RSUD untuk melayani masyarakat Kabupaten Mura dan sekitarnya agar tidak harus jauh-jauh ke Kabupaten lain atau ke Ibukota Provinsi Sumsel.
Selain itu, Gubernur Sumsel juga berharap RSUD Pangeran Moehamad Amin ini secepatnya harus dapat beroperasi, khususnya untuk pelayanan dasar.
Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Musi Rawas, Drg Maya Kesuma mengatakan, sesuai dengan target RSUD Pangeran Moehamad Amin akan segera dioperasikan.
Yang ditargetkan, RSUD akan dioperasikan di tahun depan. Sedangkan untuk pelayanannya, sesuai dengan pelayanan yang ada di RSUD dr Sobirin.
“Kedepan, dan secara bertahap pelayanan di RSUD dr Sobirin nantinya ada di sini, “sampai Drg Maya.
Karena, untuk sumber daya manusia (SDM) dan juga alat kesehatan, akan diambil dari RSUD dr Sobirin yang dialihkan ke sini.
Hanya saja saat ini kurang di penunjangnya, dan itu akan dilengkapi di tahun selanjutnya. Sedangkan untuk pembangunannya itu ada PU Cipta Karya. (Naa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here