Rehab Jembatan Gantung Muara Beliti Baru Selesai Dikerjakan

187

MUSIRAWAS, NS – Pekerjaan rehabilitas jembatan gantung di Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan selesai dikerjakan.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga (BM) Kabupaten Musi Rawas, H Azhari ST melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dedek Candra, WA, ST didampingi Asisten Teknis (Astek) M. Rahmad Hidayat, A.Md.

Rehabilitas jembatan itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Musirawas tahun anggaran 2021 sebesar Rp.447.500.000, dikerjakan oleh CV Sinar Beliti dengan nomor kontrak : 553/KPBJ/PA.G/PUBM/2021 TANGGAL. 26 AGUSTUS 2021.

Diceritakannya, sebelum pekerjaan dilaksanakan, awal bulan September lalu pihaknya bersama pihak yang terkait turun kelokasi guna meninjau serta melaksanakan penetapan titik nol pertanda pekerjaan akan segera dimulai.

Selanjutnya, setelah pekerjaan rehab jembatan selesai dikerjakan, pihaknya bersama perwakilan Bagian Pembangunan Setda Musirawas, perwakilan dari Kecamatan, perwakilan dari Pemerintah Desa serta pihak pelaksana tanggal 29 November 2021 lalu kembali turun ke lokasi guna melakukan seratus persen atau serah terima pertama atau Provisional Hand Over (PHO).

Diceritakan Dedek Candra, dalam pelaksanaan, dilakukan Pekerjaan tambah kurang,l pekerjaan atau Contract Change Order (CCO). CCO dilakukan karena adanya Pergeseran Tiang Pylon Lama (Pekerjaan PNPM tahun lalu) pada saat Pengencangan Sling atas.

Dengan terjadinya perubahan tersebut, maka disepakati antara pemilik proyek (owner) dengan pelaksana proyek (kontraktor) membuat Pekerjaan Pondasi dan Tiang Pylon baru berdiameter 6 inch.

“Semua material, seperti tali Sling, besi Tiang Pylon, kita menggunakan barang baru. Alhamdulillah, rehab jembatan gantung Desa Muara Beliti sekarang sudah selesai dikerjakan sesuai dengan dokumen kontrak dan selesai tepat waktu”, papar Dedek panggilan akrabnya.

Sementara itu, Astek Rahmad Hidayat menjelaskan, selesainya pekerjaan tersebut berkat dukungan sumua pihak, diantaranya pemerintah daerah, pemerintah kecamatan dan desa, serta masyarakat setempat.

Tidak lupa Rahmad mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak, sehingga pekerjaan itu bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Rahmad juga mengajak seluruh elemen masyarakat agar sama-sama menjaga dan memelihara jembatan gantung tersebut agar awet dan bertahan lama.

“Semoga kedepannya jembatan gantung ini bisa bermanfaat bagi masyarakat serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar”, harapnya. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here