Jogging Diyakini Mampu Tingkatkan Kualitas Metabolisme Tubuh

60

Nusantarasumsel.com = Olahraga joging temasuk dalam kategori olahraga yang ringan dan memiliki banyak manfaat. Jogging dapat di lakukan di lapangan, jalan, halaman rumah dan sebagainya. Dengan olahraga ini kita dapat lebih menghemat biaya dengan manfaat yang cukup signifikan, seperti kebugaran jasmani dan kesehatan jantung.

Bahkan jogging juga diyakini mampu meningkatkan kualitas metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan. Selain menjaga kebugaran tubuh dalam hal ini kesehatan fisik, lari jogging yang dilakukan secara konsisten kurang lebih 15-30 menit merupakan jenis latihan lari untuk meningkatkan kesehatan mental dan emosional.

Waktu terbaik melakukan olahraga jogging di pagi hari dan sore menjelang malam.
Sebelum melakukan jogging sebaiknya kita melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya otot-otot kita sudah lebih siap dan terhindar dari cedera.setelah itu cobalah perlahan-lahan melangkahkan kaki dengan berjalan kaki atau berlari ringan terlebih dahulu sebelum benar-benar jogging dengan intensitas yang tinggi.saat tubuh sudah merasa nyaman berlari, barulah kita melakukan dengan kecepatan.semakin lama tubuh bergerak,semakin tinggi tingkat stamina anda.meski anda bukan atlet,namun stamina tubuh yang tinggi tetap dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari.

Banyak yang mengira lari dan jogging merupakan jenis yang sama.namun sebenarnya keduanya sangat berbeda.oleh sebab itu,meski jogging meelibatkan kegiatan berlari,namun ia tak pernah disebut dengan running atau lari.jogging dan lari,keduanya dianggap sebagai latihan aerobik yang sering kali digunakan secara bergantian.

Perbedaan lari dan jogging yang paling mencolok adalah kecepatannya. Secara khusus, apapun yang kurang dari 10 menit dianggap jogging sedangkan sebaliknya jika diatas 10 menit dianggap lari.perbedaan gerakan tubuh jogging dan lari. Jogging dapat dibandingkan dengan berjalan cepat “dampaknya pada persendian dan otot tidak terlalu keras” dan memiliki irama yang melambung. Sedangkan lari terdiri dari langkah yang lebih panjang dan gerakan lengan yang lebih cepat.

Finallly :” jogging sebaikNya jangan dilakukan jika kita masih memiliki luka atau ada sisa sisa bagian tubuh yang mengalami cidera agar luka dan cidera ini tidak semakin parah dan segera sembuh”
So, lebih bagusNya joging dilakukan jika tubuh benar benar stabil dan memiliki sumber energi yang cukup sehingga tidak menimbulkan masalah pada otot otot tubuh.

Penulis:M.Firdaus
(UNPARI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here