Area Landasan Bandara Silampari Kebakaran, Ini Penyebabanya

194

LUBUKLINGGAU, NS – Percikan api dari suhu yang terlalu panas, ditambah kondisi angin yang kencang diduga mengakibatkan kebakaran rumput terjadi di dekat area landasan Bandara Silampari Kota Lubuklinggau, Selasa (22/11/2022) siang.

Kepala Bandara Silampari, M Mega Hardiyansyah didampingi Kepala Unit PKP-PPK, Beny Kurniawan, Kepala Humas Bandara Silampari, Bandi mengatakan kejadian kabakaran tersebut sekitar pukul 12.21 Wib, dan api diketahui setelah petugas melihat adanya kobaran api.

Ditambahkannya, api hanya terdapat di satu titik, tapi menyebar. Kemudian api cepat dipadamkan oleh tim PKP-PK Bandara Silampari, sehingga api belum sempat  membesar. Tidak menunggu waktu yang lama (5 menit, red), api berhasil di padamkan petugas. Dengan bantuan dua unit mobil armada kebakaran.

Lokasi titik yang terbakar itu tepat di area peralatan navigasi, namun jarak dengan landasan pacu kurang lebih mencapai 150 meter. Untung saja api belum sampai ke alat navigasi udara (DVOR), “terangnya.

Lanjut Mega menjelaskan, pihaknya menghimbau kepada warga sekitar yang tinggal dekat area Bandara Silampari agar berhati-hati tidak membakar sampah atau lahan sembarangan.

Menurutnya, dalam dua hari terakhir cuaca di Kota Lubuklinggau dalam kondisi cuaca yang ekstrem, bahkan hari ini cuaca mencapai 31 derajat.

Karena jika api sempat membesar akan menimbulkan bahaya di area navigasi, maupun area bandara itu sendiri, sehingga penerbangan terganggu. (Nana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here